WISATA AKE CELENG, DESA KALAODI, KOTA TIDORE KEPULAUAN

luku celeng atau ake celeng sebutan masyarakat kota tidore, ake celeng ini saonone travelisto, merupakan salah satu wisata alam yang berada di desa kalaodi, desa yang berada tepat di ketinggian 650 mdpl.
namun pada saat kami ke tempat ini sayangnya air terjun mini ini tidak terlalu besar debit airnya, tapi tenang teman teman saonone travelisto, bagi teman - teman saonone travelisto yang mau ke wisata ake celeng ini di harapkan pada musim penghujanan ya. soalnya pada saat musim hujan debit air disini sangat besar.
nah saonone travelisto, pasti kalian bingung kan, kenapa air terjun mini ini dinamakan ake celeng, begini cerita, masyarakat memberikan nama pada air terjun mini ini di karenakan airnya ini sangat dingin, bukan berarti karena namanya ini sama di artikan dengan nama babi ya atau celeng.
sebenarnya tepat di mana teman saya berdiri yang memakai baju putih itu, jika di waktu hujan deras debit airnya sangat banyak. sayang waktu kemarin saya dan teman teman kami kesini, air terjun mininya tidak ada.
nah, disini teman teman bisa mandi dan bersenang senang
jadi teman teman saonone travelisto yang ingin kesini dan ingin mandi - mandi di  air terjun mini ini jangan khawatir ya, bukan berarti tempat ini sering disebut tempatnya babi mandi dan kencing, karena namanya yang sama artinya dengan babi atau celeng,air disini sangat jernih kok teman teman saonone travelisto,  tapi sayangnya wisata alam ini sedikit kotor di karenakan kurang di peliharanya oleh masyarakat setempat dan kurang perhatiaan nya dari pemerintah dinas pariwisata. tempat ini kotor di karenakan banyak dedaunan yang berguguran jatuh ke dalam genangan air ini dan juga terdapat sampah seperti bekas sampo dan lain - lain.
semoga ke depan wisata ake celeng ini bisa lebih bagus lagi, sebagai salah satu destinasi wisata kebangaan masyarakat kota tidore. dan satu lagi tanpa campur tangan dari Pemerintah Kota Tidore  Wisata  ini  tidak akan berjalan dengan baik. terkhususnya Dinas Pariwisata Kota Tidore Kepulauan. terima kasih.bila ada salah kata dan kalimat dalam penulisan ini. admin meminta kritik serta sarannya, terima kasih

SALAM SAONONE TRAVELISTO PLANOLOGI UNISSULA SEMARANG.

Comments